Minggu, 16 Agustus 2015

pengalaman Magang di MNC group (accounting and finance department of I-News TV)

assalamualaikum.




hai. kali ini aku mau cerita lagi nih.
biasanya apa yang aku tulis di blog aku, itu sesuatu yang unforgettable dan berkesan banget buat aku.
aku mau cerita tentang liburan aku yang aku gunakan untuk internship (magang).
Ga terasa kalau aku sekarang sudah mau masuk semester 7 dan akan menyelesaikan skripsi di semester 7. semoga tahun ini aku bisa segera lulus. aamiin J
Semester 6 kemarin, salah satu mata kuliah mengharuskan aku untuk magang. Dari waktu pertengahan semester 6 aku sudah mencari-cari tempat magang. Tadinya aku mau magang di salah satu  perusahaan swasta yang ada di Cikarang. Aku memang dari awal mencari tempat magang di sebuah perusahaan, karena sekalian untuk bahan skripsi aku tadinya. Entah kenapa aku tidak berminat untuk magang di BUMN atau kementerian, kecuali kalau di BI sih aku mau-mau aja. hehehe.
            Aku juga ga mau magang di KAP (kantor akuntan publik). Karena aku sadar diri aja nih sama kemampuan aku. hehhe. Alasan aku ga mau magang di BUMN atau kementerian itu, karena kebetulan aku punya beberapa teman yang pernah magang disana. Dan kebanyakan dari mereka menceritakan kalau disana itu gabut, alias ga ada kerjaan. Wah aku ga mau dong kalau gabut begitu. Sebenernya sih ngga semua BUMN atau kementerian. Mungkin cuma beberapa saja. Karena mungkin kantor di BUMN atau di kementerian kurang begitu percaya sama anak magang, jadi yaa wajar-wajar aja kalau beberapa ada yang gabut. Takut malah nanti kerjaan pegawainya kalau dikerjain sama anak magang malah jadi berantakan. hehehe. wajar sih wajar. 
 But another reason for me to find a company as my internship place, adalah karena aaku memang benar-benar ingin mendapat ilmu dari tempat aku magang nantinya. Aku gga mau magang Cuma sebagai persyaratan kuliah ku saja, tapi aku juga mau ketika aku magang nanti aku harus ready to work dan punya pengalaman yang cukup untuk nantinya. Dan juga laporan magangku nantinya harus terdapat unsur 4 mata kuliah yang telah aku pelajari, yaitu Sistem Informasi Akuntansi, Audit, Akuntansi Biaya, dan Pajak. Jadi aku harus dapat tempat magang yang benar-benar bisa aku observasi untuk analisis 4 mata kuliah itu.
Hampir dua bulan setelah aku mengirim CV dan surat magang dari kampus yang aku kirim ke salah satu perusahaan swasta di Cikarang, tidak juga memberi konfirmasi. Wah agak sedih sih. Akhirnya aku mulai mencari tempat magang ke yang lain. Aku mencoba mengirim CV melalui email ke temanku yang kebetulan menjadi finance staff di salah satu perusaahaan anak MNC group. Aku ingat sekali kalau malam itu  malam senin, dan keesokan paginya aku langsung di telfon oleh HRD I-news TV kalu aku bisa magang disana. waaaaah. alhamdulillah aku seneng banget udah tenang dapet tempat magang, jadi ga perlu cari-cari lagi karena saat itu masih banyak teman-teman ku yang belum dapat tempat magang. Ada hikmahnya juga aku ga dapet konfirmasi dari salah satu perusahaan di Cikaarang tersebut, karena jauh banget dari rumah. Kalau dari MNC kan yaaa lumayan deket lah dari rumah. Bisa naik commuter line Cuma 15 menit. hehehe.
Aku mengajak teman sekelas ku Alit dan Rizqi yang kebetulan saat itu belum mendapat tempat magang. Kami mulai magang setelah UAS semester 6, selama dua bulan dari tanggal 15 Juni 2015 sampai tanggal 13 Agustus 2015. Dua minggu sebelum magang kami datang ke MNC Tower lantai 23 untuk konfirmasi. Kami menemui HRD dan kemudian kami di bawa untuk bertemu manajer keuangan untuk penempatan bagian magang. Menajar keuang meminta agar kami di rolling di bagian pajak, budgeting dan accounting agar kami mendapatkan pengalaman dari semua bagian.
Hari pertama magang. Aku dan teman-temanku datang lebih awal, karena takut telat. jam kerja disana mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Aku dan teman-temanku janjian ketemuan di stasiun Gondangdia. Kami sampai satu jam lebih awal. Kemudian kami langsung ke lantai 23 MNC Tower untuk menemui HRD nya, untuk penempatan posisi kami.
Tak lama kemudian, HRD I-News TV datang. Lalu kami di bawa ke ruang kerja accounting and finance department PT. Sun Televisi Network (I-News TV). Kami di tempatkan di bagian kami masing-masing. Aku ditempatkan di bagian Paajak, Rizqi di bagian acoounting dan Alit di budgeting. harusnya kami di rolling agar merasakan setiap bagian. tapi akhirnya kami tidak jadi di rolling karena salah satu manajer budgeting kurang setuju kalau di rolling, karena takut memakan waktu.
 PT Sun Televisi Network merupakan salah satu perusahaan anak dari MNC Group, dan merupakan stasiun TV berita swasta yang di kenal sebagai I-News TV (dahulu bernama Sindo TV). hari pertama tersebut kami masih agak jaim dan canggung karena takut kalau galak-galak nih pegawainya. dan ternyataaaaa....waaaah mereka welcome bgt sama kami.  hari pertama aku tuh aku happy banget disana. Walaupun keerjaaan aku waktu itu agak banyak. Tapi ternyata semuanya tuh welcome bgt sama kami. baru haari pertaama aja aku tuh disana ketawa-tawa mulu. aku kan seruangan sama alit dan rizqi juga, Cuma bagiannya aja yang beda, jadi kami masih bisa ngobrol waktu istirahat, kadang kalau lagi ga ada kerjaan aku juga ke bagian alit atau rizqi pengen tau apa yang mereka kerjakan. dan sebaliknya.
Hari ke dua, kak Tasha, salah satu finance staff, ulang tahun. Ada yang tahu nggak Natasha Farani Attamimi? salah satu pemeran film youtubers dan Get merried 5. Aku subscribe youtubenya dia udah dari dua tahun yang lalu, karena aku dulu suka lihat tutorial-tutorial hijab. hahaha ternyata aku satu kantor sama dia. Aku, Alit dan rizqi di bilang fans nya Kak Tasha. wah parah, hahaha. jadi waktu dia ulang tahun, aku, rizqi dan alit di suruh bawa kue ulang tahunnya buat ngasih surprise. Wah hari kedua aja udah berkesan banget deh. habis ngasih kue itu kami dan sseluruh accounting and finance sstaff foto bersama. Wah narsis narsis banget deh orang-orangnya. hahaha. pokoknya hari kedua itu seru bgt.
Add caption


Waktu kak Tasha Ultah

Hari demi hari, aku makin ngerasain kekeluargaannya disana. Emang sih semua nya pada sibuk, tapi ini nih yang kadang suka aku kangenin, bercandanya di sela-sela kerjaan. ada aja deh pokoknya. padahal kami Cuma anak magang, tapi kami di perlakukan sama seperti semua. Kami di ajak buka puasa bersama. Dan momentnya pas aku magang disana itu banyak banget karyawannya yang lagi ulang tahun. Pokoknya kalau ada yang ulang tahun itu di kerjain deh pagi-paginya, di siram kecaplah, di bikinin tumpukan sesuatu berbentuk kue yang ada lilinnya buat di tiup. hahaha lucu banget deh. pokoknya seru banget.
Waktu aku ulang tahun, aku kan udah diem-diem aja tuh biar ga ada yang tahu kalau aku ulang tahun. Aku takut nih di kerjain. Eh salah satu temenku ada yang nyeplos ngucapin selamat ulang tahun, akhirnya semua denger dan pada datang ke meja aku satu-satu buat ngucapin selamat ulang tahun. Wahhh aku terharu banget, seneng bgt, mereka datang satu-satu ke meja aku. untung aja aku ga di kerjain, wahhh repot nanti kalau aku disiram pakai kecap kayak yang lain. hehehe. Terimakasih yaaaa semua.
iseng foto di tengah kerjaan numpuk


Aku, Alit dan rizqi juga pernah di traktir gajian pertamannya mba Hanna sama mas Ridwan dari bagian accounting project MNC, di salah satu restaurant cepat saji di daerah Thamrin. wahhh kami seneng banget, padahal kan kami bukan karyawan, Cuma anak magang, lagi-lagi kami dapet rezeki anak soleh. hehehe. dan again, setelah itu kami foto-foto. kebanyakn foto-fotonya deh.





Terus pernah juga waktu itu kami sampai pulang malem dari kantor gara-gara kami bikin video dubsmash. ahahaha dasar pada ga inget umur deh. disana tua muda semuanya nyatu, bahkan kalau menurut aku semuanya masih muda.....semangatnya maksdunya semangat anak muda. hehehe.

ini foto bersama waktu halal bihalal bersama bapak HT dan seluruh jajaran direksi dan karyawan MNC group













narsis-narsi banget yaaaah. hehehe.

Ga kerasa bgt waktu aku, Alit dan rizqi sebentar lagi berakhir magang. Kami sering ngobrol kalau kami rasanya ga mau berenti magang nih. hehehe masih pengen lanjut soalnya kami have fun bgt disini. Ilmunya dapet, kekeluargannya dapet juga. semuanya baik. sampai akhirnya waktu hari terakhir kami magang, ada farewell photo session. Waaaah kami di suruh pidato perpisahan. hiks. sedih banget. habis pidato kami foto-foto dengan seluruh acoounting dan finance staff. Kami di bilang anak magang yang paling ngehits. waaaah. hahaha ada-ada aja. terimakasih ya semuanya.

Ini foto-foto waktu perpisahan aku, Alit dan Rizqi. Bayangin. Mereka hentikan sejenak pekerjaan mereka. Padahal kami tahu mereka sibuk, tapi mereka luangin waktu buat foto dan nyuruh kami pidato perpisahan. hahaha. terharu :')






Aku-Mba Evi-Rizqi-Alit

Aku-Mba Evi-Mba Hanna-Rizqi-Alit

My Tax Team!!! Aku, Mba Evi, Kak Reiza








Pak Wahyu!!! hahaha



Sekali lagi. Terimakasih ya Accounting and finance department I-News TV. Terimakasih atas ilmunya. Terimakasih atas canda dan Tawa setiap harinya di sela-sela pekerjaan. Terimakasih juga atas berbagai macam makanan yang tiba-tiba ada di atas meja kantor. Kayaknya kalo soal makanan ssemuanyaa langsung gercep ya. hehehe. Terimakasih untuk Pak Harto, Mba Evi dan Kak Reiza pembimbing magangku di bagian pajak yang suka aku recokin dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pajak. Terimakasih juga tas suasan kekeluargaannya yang hangat ini, walaupun kami Cuma anak magang tapi kami di perlakukan sama baiknya dengan semua. Terimakasih semuanya, semoga bertemu di lain kesempatan. Setiap petemuan pasti ada perpisahan. Tapi perpisahan ini pasti menjadi pengalaman berharga dan bermanfaat, senang sekali bisa di pertemukan dengan kalian semua, insyaaAllah pasti bertemu lagi J







13 komentar:

  1. Hai kak, salam kenal aku Clara dari Solo. Boleh minta cp kakak ngga? Pengen nyari info soal magang di MNC group karna semester depan aku dapet tugas magang dari kampus. Thanks before kak :))

    BalasHapus
  2. Halo ka Saskia. Salam kenal namaku Dania. Aku lagi dapat tugas magang dari kampus jg. Bisa minta cp kaka? Biar bisa nanya2 info di magang di MNC group. Info you don't mind bisa kirim ke email daniamani.iiss@gmail.com thanks ka :)

    BalasHapus
  3. blognya sangat membantu, salam kenal.
    boleh tau alamat emailnya? karena ada yang ingin saya tanya tentang MNC group.
    please email ke rlistria@yahoo.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Hi kaa.. cerita nya menarik sekali..
    aku mau nanya ka caranya daftar magang di MNC Group gimana ya ka?? Kebetulan aku sedang mencari tempat magang.. hehe :)
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum kaa aku wulan aku boleh minta pc hrd mnc group ga?
    Klo boleh tolong email ke aku yaa dewiwulansari180529@gmail.com
    Makasih sebelumnya
    Waalaikumsalam wr wb

    BalasHapus
  6. assalamualaikum kaa. saya adinda saskia saya skrng sedang cari tempat magang ka buat tugas akhir saya juga kebetulan saya juga jurusan akuntansi ka.kalo boleh tolong email saya ka alamat email yg kaka tuju untuk mnc groupnya itu dan contoh cv yang kaka ya. ini email saya adindasaskiazsaisabilla@yahoo.com sebelumnya terimakasih banyakk kaa. ditunggu segera balasannya ��������

    BalasHapus
  7. assalamualaikum ka. saya adinda saskia saya juga lagi cari tempat magang untuk tugas akhir saya kebetulan saya jurusan akuntansi boleh minta alamat email mnc groupnya dan contoh cv yg kaka berikan kalo boleh tolong kirrim ke email saya adindasaskiazsaisabilla@yahoo.com dan ke email mutiapratiwi88@gmail.com makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Kak rencananya aku juga pengen nya magang di sana. Tp di sana buat dapet dokumen2 buat laporan skripsi kita gampang gak?

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum kak, kak kalau boleh tau gimana ya cara masukin berkas untuk magang ke mnc? Soalnya lg butuh ni buat magang Kalau boleh nanti tlng dikasih tau ya ke email karismakarismap@gmail.com

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum kak, kak kalau boleh tau gimana ya cara masukin berkas untuk magang ke mnc? Soalnya lg butuh ni buat magang Kalau boleh nanti tlng dikasih tau ya ke email karismakarismap@gmail.com

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum ka. Perkenalkan nama saya Irena. Saya mau bertanya, bolehkan saya tahu ke mana kakak lamarnya? Karena sampai saat ini saya belum keterima magang dimana². Kalau kakak bersedia tolong reply komentarku atau kakak bisa hubungi ku lewat email : igandhira@gmail.com. Terimakasih banyak ka. Semoga amal baik kakak dibalas pd waktu yang tepat.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum kak, nama saya Karien. Setelah membaca pengalaman magang kakak di mnc grup, saya sangat mengapresiasi pengalaman kakak. Rencana untuk semester mendatang, saya ingin magang di mnc grup juga, jika boleh saya ingin menanyakan beberapa hal kak. Apakah saya boleh minta beberapa info?. Terimakasih

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum kak, maaf ma bertanya kak, kalau magang di sana di gaji ga ya kak? Terima kasih sebelumnya :)
    (Vinazahrina61@gmail.com)

    BalasHapus